Recent Posts

Minggu, 25 September 2011

Ubah Perilaku anda dan hindari Carpal Tunnel Syndrome



Apa itu Carpal Tunnel Syndrome?  


Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyakit di pergelangan tangan karena penggunaan berulang. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun dapat dianggap sebagai saraf yang tertekan oleh carpal tunnel. Penyakit ini umumnya diturunkan secara genetis.








Dan salah satu penyebab dari Carpal Tunnel adalah penggunaan mouse dan komputer yang salah. Gejala-gejala yang umum adalah : 



1. Rasa lemah, agak kaku atau rasa janggal pada tangan dan pergelangan tangan.

2. Kesemutan atau kebas pada pergelangan tangan dan pada jari-jari tangan, terutama: ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan sebagian jari manis.

3. Gejala lainnya rasa seperti panas atau nyeri, terutama pada malam hari, dan sering disertai kesemutan (nocturnal paresthesia)

Jika itu yang terjadi pada tangan teman-teman, saya sarankan agar memeriksakannya kedokter karena Carpal Tunnel Syndrome yang sudah parah, cara pengobatannya harus melalu pembedahan...

Mau tau seperti apa nih liat gambarnya:




Ngeri juga kan ngelihatnya.. Kalau teman-teman gak mau terkena CTS lebih baik teman-teman mencegahnya dengan cara : 

1.Gunakanlah mouse dan keyboard dengan posisi yang benar
Jangan menempatkan keyboard pada posisi lebih tinggi atau rendah dari sikut tangan... Ni ada gambar cara penggunaan mouse dan keyboard yang benar, silahkan dilihat: 


2. Perhatikan posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer.Seperti yang telah diketahui jarak minimal mata dengan komputer harus 45 cm 

3. Perhatikan juga posisi siku yang baik ketika memegang mouse
4. Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan.

5. Jagalah agar tangan Anda selalu hangat.

6. Lakukan senam tangan untuk menghindari Karpal Sindrom (Carpal Tunnel Syndrome)

Ayo ubah kebiasan buruk dalam penggunaan tangan.. Semoga dengan artikel kali ini teman-teman dapat tercegah dari yang namanya Carpal Tunnel Syndrome... AMIEN 







0 komentar:

Posting Komentar