Recent Posts

Sabtu, 29 Oktober 2011

Cara paling cepat dan mudah membuat kode QR suatu URL tanpa software


Pada artikel yang sebelumnya teman sudah belajar banyak tentang kode QR. Nah sekarang disini saya akan menjelaskan cara membuatnya.

Masih melanjutkan yang kemarin dulu.. ada yang belum sempat dijelaskan yaitu tentang cara penggunaan kode QR.






Cara menggunakan QR Kode 

Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut. Pelanggan, yang dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR, mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka pelanggan dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju. Jika ingin mengakses kode QR dengan ponsel tanpa kamera, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah dengan menjalankan terlebih dahulu aplikasi peramban yang ada pada ponsel, lalu masukkan URL halaman yang bersangkutan, selanjutnya masukkan “ID” atau 7 digit nomor yang tertera di bawah kode dan klik tombol Go, maka pengguna akan memperoleh konten digital yang diinginkan. Hal ini tentu mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Jenis-Jenis aplikasi yang dapat membaca kode QR antara lain misalnya Kaywa Reader , yang dapat di instal pada ponselnokia,iMatrix, aplikasi untuk iPhone dan ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk mendekode kode QR berupa imaji dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya

tahukan Teman? begitu banyak aplikasi untuk membuat dan membaca QR code. Namun pastinya akan lebih keren kalau Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus download dan install aplikasi. Bukankah kemudahan dan waktu begitu tak ternilai harganya?

Jika saja Teman tahu, membuat QR code hanya perlu waktu 5 detik! Bahkan Anda bisa menyingkatnya menjadi 3 detik jika jari-jari Anda telah terbiasa dengan keyboard. OK, kita coba dengan metode di bawah ini :

1. Singkatkan dulu url yang akan dibuat kepada situs Shortener. Tapi saya sarankan untuk menggunakan Google Shortener yaitu : goo.gl (Penjelasan tentang goo.gl akan dibahas selanjutnya..

2. Copy URL yang Teman inginkan dan masukkan ke text box, misal : http://itclub.cc.cc/2011/10/script-jahil-vbs.html

3. Generate short URL dan copy >> disini kaka mendapatkan : http://goo.gl/F5iHZ


4. Sekarang tinggal paste pada address bar di browser, tambahkan .qr di belakangnya >>  http://goo.gl/F5iHZ.qr

5.Enter. Dan lihatlah apa yang terjadi.

Selamat sekarang teman telah berhasil Membuat QR kode... Udah dulu ya.. sekian artikel kali ini.. Dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar