Recent Posts

Sabtu, 05 November 2011

Cara Menonaktifkan Autorun di Windows XP


Banyak Orang yang belum mengerti benar betapa besarnya kemungkinan terkena virus melalui autorun.inf. Pada mulanya Microsoft membuat fungsi autorun untuk fungsi kemudahan. Tetapi lama – kelamaan celah atau fungsi ini dimanfaatkan para pembuat virus. Dengan fungsi ini virus akan segera menyebar ketika sebua device di hubungkan ke pc atau laptop teman.

Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Autorun.inf, semoga yang sudah tahu semakin tahu dan yang belum tahu mulai sedikit paham tentang autorun.inf, baik struktur yang ada didalamnya, manfaat, bahaya dan cara mematikan autorun.inf.

Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan lainnya di masukkan/pasang di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa teman menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri. Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA. Tetapi saat ini tidak dipungkiri malah dimanfaatkan sebagai media penyebar virus, terutama melalui flashdisk.

Apalagi dengan penggunaan flashdisk yang sudah seperti jamur di musim hujan..
Sedangkan file Autorun.inf sendiri merupakan file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flashdisk/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe.

Ada pun cara mematikan autorun dengan register editor yaitu:

Masuk ke star-run-regedit

Nantinya akan muncul jendela Registry Editor

selanjutnya pilih HKEY_CURRENT_USER – Software – Microsoft – Windows – Current Version- Policies - Explorer  

setelah itu di sebelah kanan jendela carilah NoDriveTypeAutoRun kalau tidak ada, klik kanan trus new 
DWORD value dan beri nama NoDriveTypeAutoRun setelah itu klik 2 kali dan ganti base decimal nya dengan 181 trus OK.


Langkah kedua sama seperti diatas.. tapi kita masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE  – Software – Microsoft – Windows – Policies - Explorer setelah itu di sebelah kanan jendela carilah NoDriveTypeAutoRun kalau tidak ada, klik kanan trus new DWORD value dan beri nama NoDriveTypeAutoRun setelah itu klik 2 kali dan ganti base decimal nya dengan 181 trus OK.
Setelah selesai silahkan restar computer anda…
Selamat mencoba semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar